CORELDRAW
A.
Pengertian Corel Draw
Pengertian CorelDraw
adalah sebuah program komputer yang melakukan editing pada garis vektor.
Program ini dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan software yang berkantor pusat
di Ottawa, Kanada. Corel draw memiliki kegunaan untuk mengolah gambar, oleh
karena itu banyak digunakan pada pekerjaan dalam bidang publikasi atau
percetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan proses
visualisasi.
B. Keunggulan program CorelDraw
Suatu
program yang baik tentu saja memiliki keunggulan yang signifikan. Beberapa
keunggulan program Corel Draw antara lain adalah:
1. Gambar yang dihasilkan dengan vektor atau berbasis
vektor bisa ditekan pada tingkat yang paling rendah namun hasilnya tidak kalah
dengan gambar yang berbasis bitmap atau raster.
2. Penggunaan Corel Draw, terutama pada tool-tool yang
ada di dalamnya sangat mudah dipahami oleh penggunanya, bahkan oleh orang yang
baru pertama menggunakannya.
3. Corel Draw sangag baik untuk mengkolaborasikan antara
tulisan dengan gambar, seperti layaknya Adobe Potoshop.
4. Banyaknya pengguna Corel Draw, membuat adanya
komunitas dengan jumlah anggota yang besar. Hal ini akan membuat kita tidak
kesulitan jika ingin mempelajari Corel Draw lebih mendalam karena banyak
ditemukan tutorial, tips dan trik yang diproduksi oleh pengguna lain.
C. Kegunaan dari program Corel Draw
Jika berbicara masalah kegunaan Corel
Draw, sebenarnya ada cukup banyak dan bahkan bisa dikatakan sangat banyak.
Namun bagi para penggunanya, program Corel Draw seringkali dimanfaatkan untuk
melakukan pekerjaan-pekerjaan dibawah ini, yaitu:
1. Menciptakan desain logo atau simbol, yang mana ini
adalah kegunaan Corel Draw yang paling banyak dimanfaatkan oleh penggunanya,
terutama pembuatan logo dua dimensi karena kemudahannya dalam mengolah garis
dan warna.
2. Membuat desain undangan, brosur dan lain-lain juga
menjadi suatu kegunaan dari program Corel Draw. Media publikasi offline lainnya
juga menggunakan Corel Draw sebagai alat untuk mendesain. Corel Draw memiliki
banyak jenis font yang dapat memudahkan desainer untuk mengeksplorasi imajinasi
desain dan tulisan yang akan dibuat.
3. Membuat cover buku juga dapat dilakukan di Corel Draw.
Dengan Corel Draw maka tugas desain akan menjadi mudah karena dapat
memanfaatkan desain sampul dan teknik pewarnaan yang lebih sempurna oleh Corel
Draw. Detail gambar pun akan terlihat lebih jelas.
4. Pembuatan gambar ilustrasi juga dapat dilakukan dengan
Corel Draw. Gambar yang dihasilkan lebih berkualitas, terutama ketika
berhubungan dengan lengkungan, garis atau sudut. Ukuran yang diperoleh dijamin
sangat akurat.
D.
Komponen Coreldraw

1. Ruler
Ruler merupakan alat bantu guna mengukur
akurasi tata letak objek
2. Toolbox
Fasilitas ini berisi kumpulan tool yang sangat
berfungsi dalam mengeksekusi objek yang nantinya akan dibuat. Dan dari
toolboxlah fasilitas yang dapat mendesain objek
3. Property Bar
Merupakan fasilitas yang berisi mengenai
pengaturan jenis kertas yang nantinya kita sesuaikan dengan apa yang kita
perlukan berdasarkan ukuran kertas
4. Control Page
Digunakan untuk berpindah dari halaman, membuat
halaman baru, menyisipkan halaman
5. Preview Halaman
Lembar kerja untuk mendesain suatu objek.
Sebaiknya mendesain objek dilakukan di dalam halaman cetak. Untuk menentukan
setup halaman cetak pilih menu layout >> page setup
6. Color Pallete
Fasilitas pewarnaan untuk objek. Untuk memilih
warna yang lebih muda maupun tua Anda tinggal klik kiri agak lama di salah satu
warna
7. Status Pallete
Status pallet ini merupakan dimana kita bisa
melihat warna yang sedang kita gunakan.
E.
Bagian – Bagian Lembar Kerja

1.
Tool Bar
Digunakan untuk memulai gambar baru. Anda dapat
menggunakan menu File-new, menekan tombol Alt + F + N atau Ctrl + N.
Digunakan untuk membuka file program Corel Draw
yang pernah Anda simpan. Anda dapat menggunakan menu File-Open, menekan tombol
Alt + F + O atau Ctrl + O.
Digunakan untuk menyimpan gambar yang dibuat.
Anda dapat menjalankan perintah ini melalui menu File-Open, menekan tombol Alt
+ F + S atau Ctrl + S. Objek gambar baru yang belum pernah disimpan dapat Anda
simpan dengan pilihan File-Save As.
Digunakan untuk melakukan pencetakan pada hasil
gambar. Anda dapat menggunakan perintah ini dengan menekan tombol Alt + F + P
atau Ctrl + P.
Digunakan untuk memotong objek yang dipilih ke
dalam clipboard. Anda dapat menggunakan perintah ini dengan menekan tombol Edit
– Cut atau dengan menekan tombol Ctrl + X.
Digunakan untuk meng-copy objek yang dipilih ke
dalam clipboard. Anda dapat menggunakan perintah ini dengan menekan tombol Edit
– Copy atau dengan menekan tombol Ctrl + C.
Digunakan untuk menempelkan kembali isi
clipboard ke dalam pembuatan gambar. Anda dapat menggunakan perintah ini dengan
menekan tombol Edit – Paste atau dengan menekan tombol Ctrl + V.
Digunakan untuk membatalkan perintah terakhir
yang pernah dijalankan. Anda dapat menjalankan perintah ini dengan menekan Ctrl
+ Z.
Digunakan untuk mengulangi kembali perintah
yang telah dibatalkan. Anda dapat menjalankan perintah ini dengan menekan Ctrl
+ Shift + Z.
j.
Import
Digunakan untuk mengambil atau menempatkan objek gambar dari program/aplikasi lain. Anda dapat menjalankan perintah ini melalui menu File – Import atau dengan menekan Ctrl + I.

Digunakan untuk mengambil atau menempatkan objek gambar dari program/aplikasi lain. Anda dapat menjalankan perintah ini melalui menu File – Import atau dengan menekan Ctrl + I.
Digunakan untuk mengekspor objek gambar dari
program/aplikasi lain. Anda dapat menjalankan perintah ini melalui menu File –
Export atau dengan menekan Ctrl + E.
Digunakan untuk membuka aplikasi lain yang
dimiliki Corel.
Digunakan untuk mengakes website komunitas
Corel Graphics.
Digunakan untuk mengatur besar kecilnya ukuran
tampilan lembar kerja.
2.
Property Bar
Property Bar
berhubungan dengan tool aktif yang sedang digunakan. Berikut ini beberapa
contah property bar yang sedang aktif pada saat tersebut.
a.
Property Bar
Standar
c.
Property Bar pada Tool Interactive Blend
3.
Docker
Docker berfungsi untuk menampilkan beberapa
tipe kontrol sama seperti pada tombol ataupun Option.
4.
Status Bar
Status Bar akan menampilkan informasi tentang
objek yang dipilih (seperti warna, tipe fill, garis tepi, posisi kursor dan
perintah yang berhubungan).
5.
Color Palette
Color palete berisi berbagai kombinasi warna
yang bisa diaplikasikan pada objek yang Anda gambar.
6.
Tool Box
Untuk memilih
objek, memindah objek, seperti menggeser dan menghapus objek.
b.
Shape

Untuk mengedit bentuk objek. Terdiri dari :
Shape, Smudge brush, Roughen Brush, dan Free Transform.
Digunakan untuk proses pemotongan suatu objek.
Terdiri dari tool Croping, Knife, Eraser, dan Virtual segmen delete.
Digunakan untuk merubah pembesaran suatu objek
dalam ukuran tertentu. Terdiri dari tool Zoom dan Hand.
Untuk membuat objek kurva. Terdiri dari
Freehand, Bezier, Artistic Media, Pen Polyline, 3 point cuve, Interactive
connector dan dimension.
Terdiri dari Smart Fill dan Smart Drawing.
Untuk membentuk objek yang terdiri dari tool
Rectangle dan 3 point Rectangle.
Untuk membentuk objek Ellipse yang terdiri dari
Tool Ellipse dan 3 point Ellipse.
Untuk Membentuk objek. Terdiri dari tool
Polygon, Star, Complex Star, Graph Paper dan Spiral.
Untuk menggambar bentuk seperti panah dan lain-lain.
Terdiri dari Basic Shapes (memberikan bentuk dasar
seperti bentuk wajah, kotak dan sebagainya), Arrow Shapes (untuk membuat berbagai bentuk panah.hal ini mempermudah
dalam pembuatan diagram),
Flowchart Shapes (untuk pembuatan diagram alir), Banner Shapes (untuk menggambar bentuk yang menyerupai pita atau efek
ledakan), dan Callout
Shapes (untuk membuat kotak dialog).
Untuk memberi efek dan memodifikasi suatu objek
agar lebih interaktif. Terdiri dari tool Interactive Blend, Interactive
Contour, Interactive Distorsion, Interactive Drop Shadow, Interactive Envelope,
Interactive Extrude, dan Interactive Transparency.
Untuk memasukkan warna ke suatu objek. Terdiri
dari tool Eyedropper dan Paintbucket.
Untuk mengatur dan memodifikasi objek garis.
Terdiri dari tool Outline Pen dan Outline Colour, pilihan ketebalan Outline dan
Color Docker.
F.
Informasi Dasar Tampilan CorelDRAW X4

1. Title Bar
(Judul Window)
Title Bar adalah batang jendela yang berisi informasi nama program (CorelDRAW) dan nama dokumen yang sedang aktif. Selain berisi informasi nama program dan nama dokumen, Title Bar juga dapat dipindahkan dengan cara klik ganda kemudian geser ke posisi yang Anda inginkan.
Title Bar adalah batang jendela yang berisi informasi nama program (CorelDRAW) dan nama dokumen yang sedang aktif. Selain berisi informasi nama program dan nama dokumen, Title Bar juga dapat dipindahkan dengan cara klik ganda kemudian geser ke posisi yang Anda inginkan.
2. Control Window
(Maximize, Minimize, Restore, Close)
Untuk memperkecil (Minimize), memperbesar (Maximize), mengembalikkan window ke ukuran semula (Restore) dan untuk menutup window (Close).
Untuk memperkecil (Minimize), memperbesar (Maximize), mengembalikkan window ke ukuran semula (Restore) dan untuk menutup window (Close).
3. Menu Bar
Menu Bar adalah sederetan tombol perintah yang memiliki fungsi berbeda-beda, berisi nama-nama perintah untuk berbagai macam pekerjaan, yakni untuk menyimpan file, memproses gambar, membuka file dan lain sebagainya.
Menu Bar adalah sederetan tombol perintah yang memiliki fungsi berbeda-beda, berisi nama-nama perintah untuk berbagai macam pekerjaan, yakni untuk menyimpan file, memproses gambar, membuka file dan lain sebagainya.
4.
Toolbar
Standard
Toolbar adalah sederetan tombol shortcut (icon) untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat. Secara default (standar). Toolbar Standard ini berfungsi untuk mempersingkat pekerjaan karena semua gambar (icon) dalah perintah yang juga ada dalam Menu Bar. Berikut beberapa gambar/icon yang ada pada toolbar standar:
Toolbar adalah sederetan tombol shortcut (icon) untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat. Secara default (standar). Toolbar Standard ini berfungsi untuk mempersingkat pekerjaan karena semua gambar (icon) dalah perintah yang juga ada dalam Menu Bar. Berikut beberapa gambar/icon yang ada pada toolbar standar:
a. New, untuk
mempersiapkan/membuat lembar kerja baru;
b. Open, untuk membuka
file (yang berekstensi .cdr) yang pernah disinpan pada disk;
c. Save, untuk
menyimpan lembar kerja ke disk;
d. Print, untuk
mencentak lembar kerja yang sedang kita kerjakan dan masih dalam keadaan aktif
saat itu;
e. Cut, untuk
menghilangkan objek terpilih yang ada di lembar kerja & menyimpannya di
memori komputer;
f. Copy, untuk
menggandakan objek terpilih dalam lembar kerja dan menyimpannya di dalam komputer;
g. Paste, untuk
memunculkan objek yang tersimpan dalam memori komputer, hasil dari perintah
cut/copy;
h. Undo, untuk
membatalkan satu proses terakhir yang kita lakukan pada objek;
i.
Redo, untuk
mengulangi kembali satu proses terakhir yang kita batalkan lewat perintah undo;
j.
Import, untuk
mengambil objek dari file lain, baik yang berekstensi .cdr atau yang lainnya
seperti .png, .jpg, .bmp, .ai, dst.;
k. Export, untuk
menyimpan objek yang dibuat berupa file dengan ekstensi selain .cdr, seperti
.png, .jpg, .bmp, .ai, .doc, dst. Tujuannya agar objek yang dibuat dapat
dibuka di program lain;
l.
Application Launcher, untuk
mengaktifkan langsung modul sistem lain dari CorelDRAW, seperti Corel CAPTURE,
Corel PHOTO-PAINT dlsb.;
m. Welcome Screen, untuk menampilkan kotak
dialog Quick Start;
n. Zoom, untuk
mengatur tampilan lembar kerja yang sedang dikerjakan. Kita bisa memilih tampilan normal (100%), tampilan 2x lipat
(200%), per halaman (to page), melebar (to width) dlsb.;
o. Snap
to, fasilitas
untuk mengaktifkan pilihan ketepatan saat mengubah posisi atau ukuran objek,
untuk mengacu pada objek yang lain atau garis bantu atau garis grid.
p. Option, untuk membuka
kotak dialog Option (opsi/pilihan).
5.
Tool Box
Toolbox
adalah sebuah kotak (box) penyimpanan berbagai alat (Tool) untuk keperluan
menggambar, memberi warna, memodifikasi objek dan menulis teks. Tidak semua
alat ditampilkan dalam Toolbox. Untuk membuka alat yang tersembunyi, klik tanda
segitiga kecil yang ada di pojok kanan bawah sebuah alat.
6.
Drawing Window
Drawing
Window adalah area putih di luar Drawing Page (Kanvas Kerja) yang dibatasi oleh
Scroll Bars di sisi kanan dan bawah.. Di area ini, Anda dapat menempatkan objek
apa saja yang diperlukan untuk bahan desain. Objek-objek yang berada di area
Drawing Window tidak akan tercetak, kecuali Anda memasukannya terlebih dulu ke
dalam Drawing Page.
7.
Property Bar
Property
Bar adalah sederetan tombol yang menyesuaikan diri dengan alat yang Anda pilih
dalam Toolbox. Tombol - tombol di dalam Property Bar secara otomatis akan
berubah mengikuti alat (tool) yang dipilih di dalam Toolbox. Sebagai contoh,
saat Anda menekan Text Tool di dalam Toolbox, Property Bar akan terlihat
seperti pada Gambar di bawah ini.
8.
Docker
Docker
adalah kotak dialog berisi tombol-tombol perintah untuk mengatur sebuah objek.
Secara default, posisi Docker terletak di sisi kanan area kerja. Namun, Anda
bisa memindahkan posisinya dengan cara menggesernya (drag). Saat pertama kali
menginstal CorelDRAW X4, hanya ada dua Docker yang ditampilkan yaitu: Hints dan
Object Manager. Selain Hints dan Object Manager, masih ada beberapa Docker
lainnya yang dapat Anda tampilkan. Sebagai contoh, untuk memunculkan
Transformation Docker, langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah: klik
Window pada Menu Bar → Dockers → Transformations → Position.
9.
Rulers
Rulers
adalah sebuah alat pengukur atau bisa dianalogikan sebagai penggaris untuk
menunjukkan posisi dan ukuran objek yang Anda pilih. Selain itu, Rulers
berfungsi untuk membuat Guideline (Garis Bantu). Caranya dengan menempatkan
kursor di tengah-tengah Rulers, kemudian klik dan geser ke area Kanvas Kerja
(Drawing Page).
10.
Document
Navigator
Document Navigator
adalah sederetan tombol perintah yang berada di sudut kiri bawah jendela
Drawing Window. Fungsinya selain untuk menambah halaman, juga untuk berpindah
antar halaman.
11.
Drawing Page
Drawing Page adalah
sebuah bingkai kotak di dalam Drawing Window dan merupakan area kerja utama.
12.
Status Bar
13. Status Bar adalah batang jendela yang terletak di bagian paling bawah area
program CorelDRAW X4. Status Bar berisi informasi mengenai objek (teks) seperti
ukuran, bentuk, warna, outline, format gambar, jenis huruf dan ukurannya.
Sebagai contoh, saat Anda menekan Text Tool di dalam Toolbox, Status Bar secara
otomatis menginformasikan mengenai jenis huruf, ukuran dan warna yang dipakai.
14.
Navigator
Navigator adalah sebuah
tombol kecil berbentuk kaca pembesar yang terletak si sudut kanan bawah jendela
Drawing Window. Saat tombol Navigator ditekan, akan muncul jendela kecil yang
akan memperlihatkan keseluruhan objek (baik yang ada di Drawing Page maupun di
area Drawing Window). Tekan dan geser kursor secara vertikal dan horizontal,
kemudian lepaskan di tempat objek yang ingin Anda tuju.
15.
Color Palette
Color
Palette adalah kumpulan warna di dalam sebuah bar dan terletak di tepi sebelah
kanan. Secara default, mode warna yang ditampilkan dalam Color Palette adalah
CMYK (Cyan, Magenta, Yellow and Black). Namun, Anda bisa merubah atau menambah
mode warna tersebut dengan mode warna lainnya. Sebagai contoh, Anda ingin
menambahkan mode warna RGB (Red, Green and Blue) menjadi Color Palette.
Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah: klik menu Window → Color Palettes
→ Default RGB Palette. Selain itu, Anda juga bisa memindahkan posisi Color
Palette ke posisi yang Anda inginkan.
No comments:
Post a Comment